Gus Ipul: Hasil Survei Pilgub Bisa Berubah

Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Foto: Antara

Dikonfirmasi terkait hasil laporan hasil survei lembaga riset Presisis Poll terkait preferensi politik masyarakat Jatim menjelang Pilgub 2013 yang dilakukan dalam kurun 26-28 November 2012, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf mengatakan, hasil survei tersebut merupakan gambaran sementara.

Dengan tersisa waktu sembilan bulan, sebelum Pilgub Jatim digelar 29 Agustus 2013 nanti, pihaknya, kata Gus Ipul yakin hasil survei akan berubah. “Hasil survei itu kan dinamis. Bisa jadi bulan ini hasilnya seperti itu, tapi bulan depan hasilnya bisa jadi sudah berubah,” ujarnya, Minggu (9/12/2012) malam.

Ketua PBNU ini kemudian mencontohkan, hasil survei Wakil Gubernur Soenarjo dalam Pilgub 2008. Sebelum Pilgub digelar 23 Juli, hasil survei cagub yang berpasangan dengan Ketua PWNU Jatim Ali Maschan Musa itu cukup tinggi. Tapi hasil pemilihan ternyata tidak sesuai dengan survei. “Jadi yang tinggi hasil surveinya, belum tentu selesai (menang),” tegas Gus Ipul.

Untuk itu, meski dirinya tidak mengetahui metode apa yang dipakai oleh Presisis Poll dalam melakukan survei, pihaknya, akan menjadikan hasil survei tersebut sebagai inspirasi untuk memperbaiki langkah dan strategi agar menjadi lebih baik.